Friday, March 28, 2008

DPRD, Dishub, dan BLU

Kemarin diadakan rapat kerja antara Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan Dinas Perhubungan dan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, dipimpin Ketua Komisi B Aliman A’at, dihadiri Wakil Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono dan Kepala BLU Transjakarta Drajat A.

Sekretaris Komisi B Nurmansjah Lubis menilai kinerja BLU Transjakarta masih buruk. Dia tidak yakin pengerjaan Koridor VIII-X bus transjakarta yang saat ini baru selesai 45 persen akan rampung April. ”Mungkin akhir Mei atau awal Juni,” katanya.

Mengenai pengadaan bus, Pristono mengatakan, jika menunggu hasil tender, operasionalisasinya akan molor sampai tahun 2009. 87 bus hasil tender untuk Koridor 4-7 bisa juga digunakan untuk mengisi koridor 8-10. ”Apakah ini bisa direalisasikan, itu keputusan gubernur,” katanya.

Kepala BLU Drajat A menjelaskan persoalan yang dihadapi BLU adalah belum adanya mesin tiket untuk Koridor 8-10. Bila dioperasikan tahun 2009, sistem tiketnya masih manual. Tender untuk mesin tiket koridor 6-7 juga gagal.

Nurmansjah Lubis mempertanyakan, mengapa BLU tidak memanfaatkan pendapatan Rp 240 miliar. Komisi B menilai kinerja BLU Transjakarta selama ini masih buruk dan tidak profesional. (dari Kompas)

No comments: