Friday, September 14, 2007

Pedestrian dikorbankan

Untuk Busway Koridor 10, Jalan Yos Sudarso Diperlebar

Terkait pembangunan jalur busway Koridor X jurusan Cililitan-Tanjung Priok, Pemkot Jakarta Utara akan melebarkan Jalan Yos Sudarso. Pelebaran jalan ini, memanfaatkan sisi kanan dan kiri atau trotoar di Jalan Yos Sudarso. Trotoar selebar tiga hingga empat meter tersebut akan dipotong untuk dialihfungsikan menjadi jalan.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Sarana Perkotaan, M Yuliadi, Kamis (13/9) lebar trotoar yang dijadikan jalan diperkirakan mencapai 1,5 hingga dua meter. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kepadatan volume kendaraan yang melintas di jalur utama Jakarta Utara. "Supaya tetap ada tiga jalur umum," tuturnya.

Yuliadi menjamin pelebaran jalan ini tidak akan membabat pohon yang tumbuh di sekitar trotoar. "Kalaupun ada jumlahnya tidak banyak dan bukan pohon pelindung." Berdasarkan data yang diperoleh dari Sudin Pertamanan Jakarta Utara, di jalan Yos Sudarso belum ada pohon yang akan ditebang. Namun, di sepanjang Jalan Enggano terdapat 56 pohon angsana yang akan dibabat demi kepentingan transportasi massal ini. Realisasi pelebaran jalan tersebut akan dikerjakan pada pertengahan Juli-Agustus 2008 mendatang. "Karena anggarannya 2008."

Selain itu, untuk mengurangi tingkat kemacetan selama pelaksanaan pembangunan busway, Pemkot Jakarta Utara akan mengupayakan pengalihan arus angkutan berat, seperti truk atau trailer. Pengalihan tersebut akan dilakukan terhadap kendaraan yang biasanya melintas di Jalan Enggano, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Sulawesi. "Angkutan berat agar operasionalnya melalui jalan-jalan tersebut dialihkan melalui jalan lain," papar Yuliadi.

Namun, Yuliadi menambahkan, angkutan berat tersebut bila memungkinkan hanya beroperasi pada malam hari 22.00-05.00 WIB. Untuk kepentingan ini, pihak Pemkot Jakut sudah mengajukan surat kepada beberapa pihak, di antaranya ke PT Pelindo II dan PT Kawasan Berikat Nasional (KBN) Marunda. Surat bernomor 4049/-1.811.1 tersebut tertanggal 31 Agustus 2007.
(c52 )Republika

No comments: